MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI, DAN SENI

Bookmark and Share
Hakekat Manusia
Untuk mengetahui dan memahami secara jelas tentang hakekat manusia, diperlukan pembahasan lebih lanjut tentang sosok manusia serta apa persamaan dan perbedaan manusia dengan makhluk lain.

Charles Robert Darwin, seorang ahli Ilmu Hayat Ingris dan terkenal dengan gagasan tentang Teori Evolusi, menempatkan manusia sejajar dengan binatang dan menerangkan terjadinya manusia dari sebab-sebab mekanis, demikian Jaad Lemettrie (perancis) menyatakan bahwa tidaklah terdapat perbedaan antara binatang dengan manusia dan karenanya manusia itu adalah suatu mesin. Para pangamat Teori Psikoanalisis menyebut manusia sebagai homo valens (manusia berkeinginan).
Sebagai makhluk berbudaya, manusia mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat demi kesempumaan hidupnya. Konsep-konsep budaya dasar adalah sebagai berikut:
• Manusia dan Keadilan: keadilan merupakan salah satu modal dasar bagi kehidupan teraatur manusia. Keadilan mengacu suatu tindakan baik bagi kehidupan yang mesti dilakukan oleh setiap manusia.
• Manusia dan Penderitaan: penderitaan adalah rasa tidak menyenangkan yang setiap orang secara kemanusiaan ingin menghindarinya. Ini melengkapi ciri paradoksal yang menandai eksistensi manusia di dunia.
• Manusia dan Cinta Kasih: Cinta kasih adalah perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan belas kasih dan kemesraan. Cinta merupakan sikap dasar idel yang memungkinkan dimensi sosial manusia menemukan bentuknya yang khas manusiawi.
• Manusia dan Tangung Jawab: Tanggung jawab adalah kewajiban melakukan keharusan tugas tertentu. Dasar tanggung jawab adalah hakekat keberadaan manusia sebagai makhluk yang mau menjadi baik dan memeperoleh kebahagiaan.
• Manusia dan Pengabdian: Pengabdian diartikan sebagai perihal perilaku berbakti atau meperhamba diri kepada tugas yang (dianggap) mulia.
• Manusia dan Pandangan Hidup: Pandangan hidup berkenan dengan eksistensi manusia di dunia dalam hubungannya dengan Tuhan, dengan sesama dan dengan alam tempat kita berdiam.
• Manusia dan Keindahan: Eksistensi manusia di dunia diliputi oleh keindahan.
Manusia tidak hanya penerima pasif tetapi jugs pencipta keindahan bagi kehidupan.
• Manusia dan Kegelisahan: Kegelisahan adalah merupakan gambaran keadaan seseorang yang tidak tentram (hati maupun perbuatannya), rasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah laku. Kegelisahan adalah salah satu ekspresi kecemasan.

Perkembangan Sains dan Teknologi Dalam Kehidupan
Modern

Definisi Sains dan Teknologi


Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material, dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Akan tetapi, penemuan yang sangat lama seperti roda dapat disebut teknologi. Sains adalah ilmu yang seperti ilmu lain yang terus menambahkan pengetahuan dari penelitian oleh orang yang berdisiplin dan rajin.

Perkembangan Sains dan Teknologi
Peradaban manusia pada saat sekarang ini sudah jauh lebih maju, dimana para ahli berpendapat bahwa perkembangan teknologi mutakhir di berbagai bidang profesionalisme saat ini merupakan konsekwensi logis dari perubahan sikap atas upaya pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
Peranan Sains dan Teknologi
Imajinasi berperan penting dalam menentukan arah perkembangan sains dan teknologi, sehingga imajinasi ditempatkan pada tatanan yang lebih tinggi dari ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri. Imajinasi dapat memberikan inspirasikan penjelajahan manusia ke luar angkasa, imajinasi dapat menaklukan ketidakmampuan manusia lewat berbagai konsep dan pola pandangan yang akhirnya memberikan alternatif cara agar manusia dapat melakukan tindakan tertentu untuk mewujudkannya. Einstein sendiri mengakui bahwa imajinasi lebih penting dari Ilmu Pengetahuan.

dari berbagai sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar